Selamat bertemu lagi dengan saya.
Kali ini saya akan membahas mengenai software data base oracle  10g yang populer untuk keperluan database.
Ada banyak pemain database yang berjaya saat ini seperti IBM, microsoft, oracle, MySQL dan vendor-vendor lainnya. melalui tulisan ini akan dibahas secara sekilas mengenai produk database dari oracle yang bernama Oracle Database 10g Grind Computing.
Oracle Database 10g merupakan database yang pertama kali didesain untuk aktivitas Enterprise Grind 
Computing. Oracle Database 10g mampu memotong biaya operasional sembari memberikan service yang berkualitas tinggi. Juga mampu secara cepat merespon terhadap kebutuhan bisnis dengan resiko yang rendah. Selain itu produk ini juga sangat mudah untuk dideploy dan juga dipelihara.
Ada beberapa edisi yang tersedia dalam Oracle Database 10g, yaitu :



@ Standard Edition One

Sangat mudah digunakan, mempunyai kekuatan yang bagus, performa yang baik dalam workgroup dan juga sudah mendukung aplikasi internet maupun intranet. Edisi ini mampu menjadi solusi untuk lingkungan single-server, small business samapai dengan lingkungan cabang yang terdistribusi. Edisi ini juga sudah termasuk semua fasilitas yang diperlukan dalam membangunsuatu aplikasi bisnis yang kritis. Edisi ini hanya dapat dilisensikan pada server yang memiliki kapasitas maksimum dua prosesor.

@ Standard Edition

Fitur dasarnya sama seperti edisi Standard Edition One, tatapi dengan dukungan mesin yang lebih besar dan juga mendukung sistem clustering dan juga layanan Real Application Clusters. Edisi ini dapat dilisensikan dalam suatu single server dengan kapasitas maksimum empat prosesor.

@ Enterprise Edition

Memberikan efisiensi, reabilitas dan juga keamanan manajemen datauntuk mission-critical application, seperti dalam lingkungan OLTP, data warehouse yang intensif melakukan query dan juga aplikasi internet. Edisi ini juga memberikan tool-tool dan juga fungsionalitas untuk memenuhi standar ketersedian dan juga skalabilitas pada aplikasi enterprise.
FITUR KUNCI
Seperti halnya produk database lainnya, maka pada Oracle Database 10g ini juga memiliki beberapa fitur kunci yang menjadi kelebihan dibandingkan yang lainnya. Berikut adalah fitur-fitur kuncinya :

@ Oracle Real Application Clusters (RAC)

Oracle RAC merupakan suatu lingkungan komputasi yang memanfaatkan interkoneksi antar komputer dengan menggunakan teknologi cluster. Dengan hal tersebut maka dapat memberikan skalabilitas tidak terbatas dan juga tingkat ketersediaan yang tinggi bagi aplikasi apapun. Ini bisa dicapai dengan memanfaatkan konfigurasi hardware secara cluster berkat kemudahan dalam penggunaan single system image. Oracle RAC mengijinkan akses ke dalam single database dari beberapa titik dalam suatu konfigurasi sistem yang tercluster. Ini bertujuan untuk memisahkan antara aplikasi dan database dari kemungkinan adanya kesalahan operasi pada software maupun hardware.

@ Oracle Partitioning

Oracle Partitioning mampu untuk meningkatkan mamajemen data bagi proses OLTP (Online Transaction Processing), data mart dan juga aplikasi data warehouse dengan menambahkan kemampuan pengaturan, ketersediaan dan juga performa pada struktur tabel dan index yang kompleks. Oracle Partitioning mengijinkan tabel yang besar untuk bisa dibagi ke dalam suatu potongan yang lebih kecil agar lebih mudah dikontrol.

@ Oracle OLAP

oracle OLAP merupakan mesin kalkulasi dengan skalabilitas dan performa yang tinggi untuk pemrosesan data, juga dilengkapi dengan administrasi dan mamajemen yang terintegrasi sebagai solusi aplikasi yang membutuhkan analisa. Oracle OLAP ini sudah secara penuh terintegrasi dalam database dan memberikan fungsi-fungsi lengkap seputar masalah data analisis. Dengan predictive analysis dapat dimanfaatkan untuk meramalkan tren pasar, prediksi keperluan dalam proses produksi dalam manufaktur atau juga membuat suatu analisa terhadap keuangan suatu perusahaan. Sistem OLAP ini menggunakan suatu perhitungan dan kalkulasi yang sangat kompleks dan juga melihat data secara multidimensional.

@ Oracle Data Mining

Oracle Data Mining mengijinkan perusahaanuntuk membangun suatu sistem business intelligence yang canggih sehingga dapat digunakan untuk menggali informasi lebih dalam dari database yang ada, menemukan fakta-fakta baru dan juga mengintegrasikan informasi tersebut ke dalam aplikasi bisnis. Oracle Data Mining menyertakan fungsi data mining untuk membuat klasifikasi, prediksi dan asosiasi.

@ Oracle Spatial

Oracle Spatial mengijinkan pengguna dan pembuat aplikasi untuk mengintegrasikan data spasial mereka ke dalam aplikasi enterprise. Dia mengatur relasi spasial dari data yang terasosiasi, misalnya saja berapa besar pendapatan dalam suatu teritori dan lain sebagainya.

sekarang kita akan membuat databese baru pada oracle 10g.

1.Membuat global database name.


2.pada management option pilih configure database with enterprise manager.

3.Pilih use file system untuk penyimpanan data base


4.Pilih specific recovery area, yang digunakan untuk memback up data.


5.Gunakan sample schema

6.Plih intiliazation parameter untuk mengalokasikan memori


7.Database storage adalah informasi penyimpanan database.

8. Create database


9.  Memasukkan data kedalam database
saat penginstalan oracle 10g anda akan diminta memasukan password untuk SCOTT : TIGER dan SYSTEM : MANAGER.
setelah masuk maka anda tinggal memasukkan query untuk database.


 

10. berikut adalah contoh login


11. Contoh query untuk pengaksesan database











Janggo

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

1 comment: